Lima Cabor Kontingen Banten Berpotensi Lolos ke Popnas

Lima Cabor Kontingen Banten Berpotensi Lolos ke Popnas
Lima Cabor Kontingen Banten Berpotensi Lolos ke Popnas
Lima Cabor Kontingen Banten Berpotensi Lolos ke Popnas
Lima Cabor Kontingen Banten Berpotensi Lolos ke Popnas
Lima Cabor Kontingen Banten Berpotensi Lolos ke Popnas

Poin demi poin sudah berhasil dikumpulkan oleh puluhan kontingen asal Provinsi Banten pada sejumlah Cabang Olahraga (Cabor) dalam kualifikasi pra Popnas zona III yang diselenggarakan di  Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Sampai hari kedua babak penyisihan, Sabtu (29/10/2022) kemarin, berdasarkan hasil poin sementara yang didapat, setidaknya ada lima Cabor yang berpotensi akan lolos ke Popnas nanti. 

Lima Cabor itu yakni Pencak Silat dua nomor perorangan yang sudah dipastikan masuk ke final kualifikasi. Kemudian Tinju putra,  serta Bulutangkis putra dan putri.  Keempat adalah Tenis Lapangan putri dan yang terakhir Sepak Takraw. 

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten Novriyadi Purwansyah di lokasi pertandingan mengatakan, Pencak Silat Provinsi Banten menyumbangkan dua nomor yakni Nazwah Cikal Lutfia (Pi) untuk kelas B dan Abu Sofyan (Pa) untuk kelas C. 

"Sedangkan untuk Tinju kelas Flyweight putra yang berpotensi lolos ke Popnas atas nama Mars De Volta," katanya. 

Kemudian, lanjutnya, untuk pertandingan beregu Cabor Bulutangkis putri memperoleh lima poin dengan dua kemenangan dan untuk putra satu kali kemenangan dengan tiga poin. 

"Lalu ada Cabor Tenis Lapangan putri dimana kontingen Banten memperoleh satu tiket untuk lolos ke Popnas. Sama halnya dengan Cabor Takraw yang sudah menjuarai group dengan dua tiket kemenangan," ucapnya. 

Namun demikian, kata Novri, dari delapan Cabor yang dipertandingkan, sampai saat ini Provinsi Banten masih sesuai dari target yang direncanakan. Karena target-target itu kita petakan sesuai dengan basis prestasi masing-masing Cabor. 

"Mudah-mudahan sampai babak semifinal semua Cabor kita bisa lolos, meskipun masih perlu perjuangan yang cukup keras," katanya. 

Maka dari itu Novri berharap kepada seluruh kontingen Banten agar tetap menjaga kesehatan, mengingat kondisi cuaca di lokasi pertandingan jauh berbeda dengan cuaca di Banten, sehingga dibutuhkan penyesuaian diri agar bisa beradaptasi. 

"Karena kondisi itu sangat mempengaruhi terhadap stamina atlet ketika bertanding, terutama pada Cabor yang menggunakan lapangan outdoor," ucapnya. 

Kemudian kepada masyarakat Banten, Novri mohon bantuan doanya agar para atlet kontingen asal Banten bisa bertanding dengan baik, sehingga bisa menghasilkan target yang baik. "Kita mohon do'anya," tambahnya. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga (Dispora) Provinsi Banten Ahmad Syaukani yang turut hadir dan mengantarkan Kontingen Banten di acara pembukaan yang dilaksanakan tanggal 26 Oktober 2022 kemarin berharap, seluruh kontingen dari mulai atlet, pelatih dan official bisa berjuang secara optimal dan kompak membawa nama baik Provinsi Banten. 
"Targetnya dari delapan Cabor yang dipertandingkan pada kualifikasi pra Popnas itu, kita bisa masuk seluruhnya ke Popnas nanti," katanya. 

Untuk diketahui, pada kualifikasi pra Popnas zona III ini, diikuti oleh tujuh daerah, yakni Provinsi Banten, tuan rumah Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Bali, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Untuk masing-masing Cabor beregu, akan diambil dua pemenangan yang akan mengikuti Popnas Ke-XVI Tahun 2023 yang akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Selatan Dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.


Serang, 30  Oktober 2022
Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Banten

Ttd

Beni Ismail, S.STP, M.Si
NIP. 197609051996021002
Pembina Utama Muda (IV/c)