Pelaksanaan Bimbingan Teknis Analisa Beban Kerja pada Jabatan Struktural SKPD dan Kab/Kota Oleh Biro Organisasi Banten


Untuk mewujudkan Sumber Daya Aparatur yang handal dan baik (Good Governance) tersebut, Biro Organisasi Setda Provinsi Banten telah melaksanakan program reformasi birokrasi yang meliputi penataan organisasi dan peningkatan disiplin dan manajemen SDM yang saat ini telah disesuaikan dengan Grand Design Reformasi Birokrasi (Perpres No.81/2010) dan Road Map Reformasi Birokrasi (Permenpan No.20/2010) menjadi 8 area perubahan meliputi Organisasi, Tata Laksana, Peraturan Perundang-undangan, SDM Aparatur, Pengawasan, Akuntabilitas, Pelayanan Publik, Pola Pikir dan Budaya Kerja. Bidang atau area tersebut pada prinsipnya merupakan tugas, fungsi, dan peran Biro Organisasi.

Biro Organisasi sebagai unit organisasi yang merupakan unsur pembantu pimpinan dan mempunyai tugas sebagai koordinator pelaksanaan tugas, pembina Sumber Daya Aparatur, sekaligus pemberian dukungan administrasi, penggerak program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan diperlukan organisasi yang efektif, efisien, proporsional dan sesuai dengan perkembangan serta dibutuhkan sumber daya manusia yang tepat baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Untuk itu perlu selalu dilakukan monitoring dan evaluasi di bidang organisasi dan SDM yang berkelanjutan. Salah satu alat yang digunakan untuk mendeteksi, memonitor, mengevaluasi serta untuk mengetahui secara lebih objektif tingkat efektivitas dan efisiensi kerja unit, prestasi kerja unit/jabatan serta kebutuhan pegawai adalah Analisa Beban Kerja.

Pada tahun ini Biro Organisasi Setda Provinsi Banten kembali melaksanakanpenyusunan Analisa Beban Kerja yang merupakan bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan tugas Biro Organisasi dan salah satu program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Pusat di bidang penataan dan penguatan organisasi. Dalam rangka untuk meningkatkan objektivitas, akurasi, efektivitas dan efisiensi unit/pejabat dan kebutuhan pegawai pada seluruh unit organisasi, kemudahan, kecepatan dalam pelaksanaan Analisis Beban Kerja serta pelayanan, pada tahun ini dilakukan penerapan standar norma waktu dan Sistem Aplikasi Analisa Beban Kerja di seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten.

Penyusunan Analisa Beban Kerja di tahun ini diharapkan dapat berjalan dengan optimal, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta menghasilkan data Analisis Beban Kerja yang akurat, objektif, transparan dan komprehensif tidak lepas dari partisipasi, koordinasi, konsolidasi, dan pembahasan bersama secara intensif di seluruh SKPD yang ada di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten. Karena itu, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah melancarkan pelaksanaan Bimbingan Teknis Analisa Beban Kerja serta memberikan masukan agar pelaksanaan Analisa Beban Kerja kedepan dapat berjalan lebih baik lagi.


Twitter


Facebook